MediaTek Dimensity 1050, chipset baru mendukung 5G mmWave

MediaTek kembali dengan chipset baru mereka. Kali ini MediaTek Dimensity 1050 yang dibekali teknologi 5G mmWave untuk perangkat smartphone.

Bahkan MediaTek Dimensity 1050 disebut-sebut sebagai chipset baru yang disebut-sebut akan menghadirkan teknologi 5G mmWave pertama.
Baca juga

Google Maps mulai memberikan informasi tarif tol, sudah ada di Indonesia
Investasi Telkomsel di Goto berpotensi memajukan industri
Spesifikasi Xiaomi 12 Ultra bocor
Hasil Playoff Hari 1 MSC 2022: Lempar EVOS SG, RRQ Hoshi ke Braket Atas
Investasi Telkomsel di GoTo dianggap ilegal

Tidak hanya itu, ia juga dikatakan menghadirkan konektivitas, tampilan, permainan yang mulus, dan efisiensi daya.

Dengan konektivitas dual mmWave dan Sub-6GHz, Dimensity 1050 memberi pengguna smartphone kecepatan dan kapasitas yang dibutuhkan untuk pengalaman luar biasa, bahkan jika mereka tinggal di daerah padat penduduk.

“Dimensitas 1050 dan kombinasi teknologi sub-6GHz dan mmWave akan menghadirkan pengalaman 5G end-to-end, konektivitas tanpa batas, dan efisiensi daya yang unggul untuk memenuhi kebutuhan pengguna sehari-hari,” kata Deputy General Manager of Wireless Communications. Unit Bisnis MediaTek, CH Chen, dalam keterangannya, Selasa (24/5/2022).

“Dengan koneksi yang lebih cepat, lebih andal, dan teknologi kamera yang canggih, chip ini menawarkan fitur-fitur canggih yang akan menjadi pembeda untuk jajaran smartphone,” lanjut Chen.

MediaTek Dimensity 1050 menggabungkan mmWave 5G dan sub-6GHz untuk memudahkan migrasi antar band jaringan.
Gambar chipset MediaTek Dimensity 5G. (Gizchina)

Chipset baru MediaTek didasarkan pada proses produksi TSMC 6nm yang efisien dan didukung oleh CPU octa-core.

Dimensity 1050 mendukung agregasi operator 3CC dalam spektrum sub-6 (FR1) dan agregasi operator 4CC dalam spektrum mmWave (FR2), memberikan rentang fitur yang lebih luas pada ponsel cerdas daripada dukungan agregasi LTE + mmWave.

SoC ini mengintegrasikan dua CPU Arm Cortex-A78 premium dengan clock 2.5 GHz dan mesin grafis Arm Mali G610.

Selain dukungan 5G yang dioptimalkan, Dimensity 1050 juga menawarkan dukungan Wi-Fi yang dioptimalkan bersama dengan MediaTek’s HyperEngine 5.0.

Teknologi ini mampu memastikan koneksi latency rendah di tiga band baru yaitu 2.4GHz, 5GHz dan 6GHz untuk memperpanjang waktu permainan dan kinerja.

Kehadiran penyimpanan UFS 3.1 dan penyimpanan LPDDR5 juga memastikan aliran data yang cepat untuk mempercepat aplikasi, unggahan media sosial, dan frame per rate (FPS) yang lebih cepat dalam game.
Dimensi MediaTek 1050. [MediaTek]

Fitur tambahan dari Dimensity 1050 meliputi:

Dukungan untuk True Dual 5G SIM (5G SA + 5G SA) dan Dual VoNR.
Layar Full HD+ 144Hz, warna yang tajam dan hidup dengan MiraVision 760 dari MediaTek.
Mesin pengambilan video HDR ganda untuk memungkinkan pengguna melakukan streaming dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan.
Pengurangan noise yang sangat baik untuk foto dengan cahaya rendah dan dukungan APU 550 MediaTek meningkatkan kinerja kamera AI.
Dukungan Wi-Fi 6E untuk efisiensi daya yang sangat baik dan antena MIMO 2x2 yang menawarkan koneksi yang lebih cepat dan lebih andal.

Itulah chipset baru MediaTek Dimensity 1050 yang disebut-sebut sebagai yang pertama dalam teknologi 5G mmWave. (Suara.com/Dicky Prastya).

Sumber :