Secara resmi! Pavel Durov mengumumkan Telegram Premium

Terakhir, Pavel Durov secara resmi mengumumkan keberadaan Telegram Premium. Aplikasi perpesanan WhatsApp yang bersaing akan memiliki versi berlangganan, yang akan menawarkan manfaat seperti fitur tambahan, kecepatan, dan lebih banyak sumber daya daripada versi gratis.

Sebelumnya, kehadiran versi premium sudah tercium lewat versi beta. Pada titik ini, beberapa fitur dikunci kecuali Anda adalah anggota premium. Misalnya stiker dan reaksi.
Pengumuman Telegram Premium

Pavel Durov mengumumkan Telegram Premium ini melalui salurannya di aplikasi. Di awal pengumumannya, dia menyebutkan bahwa mempertahankan semuanya secara gratis itu cukup sulit. Beban server dan lalu lintas komunikasi akan lebih tinggi.

Untuk itu, Telegram menghadirkan versi berbayar. Ini memungkinkan mereka yang mendaftar untuk berpartisipasi dalam mendukung ekosistem Telegram.
Pesan ke Pavel Durov melalui Telegram Premium

Pavel Durov juga mengatakan bahwa semua fitur yang tersedia saat ini akan terus tersedia secara gratis. Sementara anggota premium yang mendaftar mendapatkan fasilitas seperti stiker dan reaksi eksklusif, mereka juga dapat mengakses file yang lebih besar.

Dia juga menambahkan bahwa meskipun pendanaan dari iklan terbatas di saluran tersebut cukup berhasil, dia yakin Telegram harus didanai oleh penggunanya sendiri, bukan pengiklan. Dengan cara ini, fokus tetap pada pengguna.
Langkah yang bagus?

Sejauh ini belum ada informasi yang lebih tepat mengenai kapan fitur premium tersebut akan digulirkan. Selain itu, juga tidak ada informasi mengenai paket berlangganan dan berapa biaya berlangganan Telegram Premium.

Namun, reaksi pengguna terhadap feeder Pavel Durov adalah positif. Yah, setidaknya Anda bisa tahu dari reaksi acungan jempol, yang lebih dari sekadar jempol ke bawah.

Lihat juga
Aplikasi File, solusi bagi yang kurang puas dengan Windows Explorer
dalam aplikasi

Keputusan Telegram cukup masuk akal. Beberapa aplikasi menerapkan fitur premium (biasanya untuk tujuan bisnis) sambil menawarkan versi gratis untuk masyarakat umum. Beberapa juga menjual beberapa item dalam aplikasi.

Bagi mereka yang khawatir dengan privasi, keberadaan versi premium ini lebih nyaman daripada aplikasi gratis berbasis iklan. Yang terkadang tidak hanya menonjol secara visual, tetapi juga sering dikritik karena melampaui batas privasi pengguna.

Nah, bisa kita bayangkan channel bisnis di Telegram menggunakan fitur premium ini. Sedangkan pengguna biasa masih bisa menggunakan fitur lainnya secara gratis.

Sumber :